Selasa, 26 November 2013

motor universal

    Motor universal adalah salah satu jenis motor induksi 1 pasa,pada kesempatan ini saya akan melanjutkan postingan  yang berhuubungan dengan motor induksi.Motor ini dapat dialiri 2 arus listrik yaitu arus AC (bolak balik) dan DC (searah).MOtor jenis in i sering kita jumpai pada alat -alat pertukangan seperti gerinda,bor,amplas listrik dll.adapun keistimewaan motor jenis ini adalah rpm yng bisa mencapai puluhan ribu,ada kelebihan pasti ada kekurangan dan kekurangan itu adalah suara yang dihasilkan sangat keras.
     Motor universal mempunyai komponen utama yang berbeda dengan motor induksi 1 phasa lainya,karena memang desainya berbeda dengan yang lainya.
      1.Rotor
         Rotor pada motor universal ini terdapat alur yang digunakan untuk tempat lilitan dan juga terdapat alur komutator yang terbuat dari lempengan tembaga yang berfungsi sebagai konektor antara komutator dengan lilitan yang berada pada rotor.
      2.Stator
         Stator untuk jenis ini juga agak berbeda karena selain terbuat dari plat besi  seperti pada stator motor kapasitor dan juga motor fasa terpisah stator ini juga bisa terbuat dari magnet permanen tanpa lilitan.
      3.Sikat karbon (karbon brush/brostel)
         Berfungsi sebagai penerus arus listrik yang melalui kumparan kemudian diteruskan ke komutator ataupun sebaliknya,sehingaga dengan adanya aliran arus yang terus menerus akan menghasilkan putaran.
      Sebenarnya motor jenis ini sangat rentan dengan kerusakan terutama padabagian angker yang mudah lemah karena putaran yang terlalu tinggi,juga pada bagian sikat karbon yang mudah habis.Pada moaor universal ini jangan terlalu lama untuk penggunaanya,jika sudah terasa panas sebaiknya berhenti sejenak,daripada alat kita rrusak.
     Mungkin hanya ini yang bisa ane bagikan buat temen-temen pembaca,intinya ane hanya memberikan ganbaran saja,jika ada kekurangan buat yang lebih faaham tentang hal ini bisa share pada komentar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar